Cara Mengembalikan IMEI base MTK

 



International Mobile Station Equipment Identity atau biasa disebut IMEI. Terus apa fungsinya untuk HP? wah kalau di jelasin panjang sob, biar mudah intinya IMEI berfusngsi sebagai identitas HP sobat biar bisa dikenali atau terhubung dengan penyedia layanan operator. Terus apakan IMEI ini bisa rusak? Bisa sob, IMEI bisa rusak atau hilang karena berbagai hal. Diantaranya yang sering terjadi jika sobat melakukan flashing ROM yang tidak cocok atu bisa juga terhapus karena proses flashing. Yup, saya akan membagi pengalaman yang perna saya lakukan untuk mengembalikan IMEI yang terhapus. Hal ini bisa sobat lakukan khususnya di HP berCPU MTK karena beda CPU beda penganan dan tool yang digunakan. Untuk mengecek silahkan dial *#06# untuk memastikan apakah IMEI rusak. Jika tidak tampil nomer IMEI berarti sudah dipastikan rusak atau hilang. Cara ini sudah saya tes di HP berCPU MTK android china. Tapi jika sobat ingin mencoba menerapkan di HP berCPU berbeda silahkan.  Berikut adalah tool dan cara menggunakannya.
Sebelum melakukan restore IME sobat harus melakukan root.
Menggunakan Mobileuncle Tools : tool ini berjalan langsung dari HP karena berupa APK nah berikut cara menggunakannya:
  1. instal root master v1.3.6.apk, buka aplikasinya dan klik root
  2. instal mobiluncle tool .apk ( download disini )
  3. Setelah masuk pada MTK Engineering (EngineeringMode) pilih "connectivity"
  4. Dalam MTK Enginering, pilih bilah CDS Information
  5. Selanjutnya pilih Radio Information. Ini adalah menu untuk inject nomor IMEI.
  6. Kemudian pilih SIM 1/ Phone1 akan muncul AT+EMGR=1,7,"ISI NOMER IMEI DISINI". Lanjutkan dengan Send AT Command.Lakukan hal yang sama pada SIM 2 / Phone2 akan muncul AT+EMGR=1,10,"ISI NOMER IMEI DISINI", Send AT Command.
Setelah selesai melakukan langkah di atas dengan benar, silahkan reboot (nyalakan ulang/restart) HP android sobat.

Menggunakan chamelephon_1.0.apk : Langkah ini juga langsung dari HP sobat berikut langkah-langkahnya:
  1. HP dalam keadaan root
  2. Install chamelephone.apk ( download disini )
  3. Buka dan isikan IMEI sesuai di blakang HP
  4. Apply new IMEIs 
  5. Restart HP sobat
Nah, Itulah beberapa tips bisa dilakukan dengan mudah. Semoga HP sobat lekas kembali normal yang tadinya mengalami invalid IMEI, IMEI null, dan bisa kembali terhubung ke jaringan.